Jumat, 13 Maret 2009


MISI & VISI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
RUMAH BELAJAR KOMUNITAS

Latar Belakang

Makin Banyak masalah yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia yang masih belum dapat terselesaikan, walaupun sudah 62 tahun Indonesia Merdeka. Bahkan mungkin akan terus berlanjut bila tidak ada yang perduli akan hal ini.

Beberapa masalah / krisis yang terjadi di Daerah, Pedesaan maupun Perkotaan sangat memprihatinkan kita semua. Antara lain :

Krisis Ekonomi ( Kemiskinan, Pengangguran, dan PHK )
Krisis Pendidikan ( Buta Huruf, Tidak Sekolah dan Putus Sekolah )
Narkoba ( Penyalahgunaan & Peredaran Gelap Narkoba )
Konflik ( Antar Suku, Agama, Kampung, Warga, Sekolah Dll )
Kriminilitas ( Pembunuhan, Perampokan, Penipuan, Pemalsuan dll )
Bencana Alam
Penebangan Hutan secara liar
Korupsi, Manipulasi

Ditambah lagi dengan kenaikan bahan pokok setiap tahunnya, yang menyebabkan bertambahnya orang miskin baru. Bila tidak segera ditindak lanjuti secara bersama-sama antara Tokoh Masyarakat, Pemerintah, Pengusaha dan LSM, tentunya masyarakat Indonesia akan terus menderita, Bahkan akan menjadi suatu Negara yang berada diambang kehancuran.

Berapa juta masyarakat Indonesia yang tidak memiliki Pekerjaan ? dan berapa juta anak-anak Indonesia yang Tidak Sekolah, Buta Huruf bahkan Putus Sekolah karena masalah Ekonomi. Peredaran dan Penyalahgunaan Narkoba yang merusak generasi muda Bangsa Indonesia semakin mengkhawatirkan.

Dimana-mana banyak Rumah, tempat Ibadah dan Sekolah yang hancur karena Bencana Alam !, ditambah lagi dengan penderitaan saudara-saudara kita yang konflik karena faktor Sosial, Ras, Agama , Politik, Ekonomi dan faktor lainnya.

Lalu bagaimana masa depan mereka dan anak cucu kita kelak ?. Sungguh menyedihkan ! dan apakah kita sebagai Tokoh Masyarakat, Pemerintah, Pengusaha dan LSM akan berpangku tangan melihat saudara-saudara kita menderita ?.

Sebagai Warga Negara Republik Indonesia yang kita cintai ini, marilah kita merenung sejenak dan mengulurkan tangan untuk saudara-saudara kita yang saat ini menderita.

Walaupun kemampuan yang kita miliki untuk membantu saat ini terbatas, tetapi kalau kepedulian ini kita lakukan bersama-sama diseluruh Desa, Kampung, Kota dan Pulau sekalipun. Tentunya akan sangat bermanfaat bagi mereka dan anak cucunya kelak.
Sebenarnya tidak terlalu muluk-muluk yang dituntut oleh rakyat Indonesia terhadap pemerintah, antara lain :


- Perut tidak lapar
- Anak-anak dapat bersekolah
- Pengangguran berkurang
- Kesehatan terjamin
- Rasa aman dan nyaman

Bergotong royong dan bekerja keras dengan azas kebersamaan. Kita yakin masyarakat Indonesia dimasa mendatang akan terlepas dari belenggu krisis ini.
Semoga !!


Misi Rumah Belajar Komunitas

Secara bersama-sama untuk turut serta membantu rakyat Indonesia dalam masalah Sosial, Ekonomi, Pendidikan dan Kesehatan, melalui kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dibeberapa daerah yang membutuhkan, dan tentunya perlu dukungan dari kita semua, terutama Tokoh Masyarakat, Pemerintah, Pengusaha, dan LSM. Untuk menghadapi serta menanggulangi krisis yang dihadapi bangsa ini diberbagai daerah di Indonesia.


Visi Rumah Belajar Komunitas

Menjadikan Masyarakat Indonesia yang hidup dibawah garis kemiskinan, menuju kehidupan yang lebih baik, lingkungan yang nyaman dan aman. Dikerjakan dengan rasa kebersamaan dan gotong royong diantara kita.

Dukungan dan peran serta dari Tokoh Masyarakat, Pemerintah, Pengusaha, LSM sangat kita harapkan. Demi tercapainya Masyarakat yang Adil, Damai dan Sejahtera. Amin.




Jakarta, Maret 2009

Megi Budi S, SE
Koordinator Umum & Fasilitator
Rumah Belajar Komunitas

1 komentar:

  1. Mas Megi, ketemu lagi di blog. Bosen juga ketemu di Facebook, hehehe. Secara pribadi aku dukung sepenuhnya Rumah Belajar yang mas dirikan. Misi dan visinya cukup realistis. Aku tidak hanya salut tapi juga kepincut pengen berkiprah bersama2 jika mas tidak keberatan. Keprihatinan, concern issues dan komitmen kita sama. Kalo ada waktu pengen banget bisa ketemu mas Megi, ini nomor HP-ku 08122743462. Emailku : thoibsoebhanto@yahoo.com. Sehari-hari aku mengajar di Jurusan Sosiologi Fisip Universitas Widya Mataram Yogyakarta (sejak 1998), tapi sejak 2001 (sembari tetap mengajar) aku juga mulai lebih banyak aktif di kegiatan pemberdayaan baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun non pemerintah. Saat ini aku sedang bergabung di Rekompak JRF yang concern pada kegiatan pemberdayaan masyarakat pasca gempa di DIY Jateng dan pasca tsunami di Pangandaran. Sebelumnya aku juga pernah setahun di NAD-Nias untuk kegiatan yang sama. Salam kenal ya mas, mudah2an perkenalan ini menambah berkat buat perjuangan kita dan masyarakat ke depan. Amin

    Salam hangat,

    Thoib Soebhanto
    d.a : Perum BMW Blok B-6 RT.07 Dusun Glondong, Desa Wirokerten Kec. Banguntapan Kabupaten Bantul, DIY. Pos : 55194

    BalasHapus